PENGERTIAN E-COMMERCE
Sejak tahun 1997 pemerintah Amerika telah nendeklarasikan terjadinya sebuah revolusi industri baru yang akan berdampak pada stabilitas ekonomi global, yaitu sejalan dengan fenomena maraknya bisnis secara elektronik/global dengan menggunakan internet sebagai medium bertransaksi. Metode bertransaksi ini kemudian lebih di kenal sebagai istilah "E-Commerce".
Definisi dari "E-Commerce" sendiri sangat beragam,tergantung dari perspektif atau kacamata yang memanfaatkannya. Association for Electronic Cemmerce (AEC) secara sederhana mendefinisikan e-commerce sebadgai "mekanisme bisnis secara elektonik".
E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
2. Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi ; dan
3. Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online.
STRATEGI PEMASARAN DALAM E-COMMERCE
Strategi pemasaran dalam e-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional yaitu pengambilan keputusan-keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Dalam strategi pemasaran, ada 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinyaperubahan strategi dalam pemasaran dalam e-commerce yaitu :
1. Daur hidup produk
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-commerce
3. Situasi ekonomi
4. Penggunaan media online
MOBILE MARKETING
adalah pemasaran yang yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dengan konsumen mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel.
SEJARAH MOBILE MARKETING
munculnya pemasaran mobile marketing di mulai pada awal tahun 2000-an saat Sort Message Service (SMS) menjadi semakin populer. Di Eropa dan Asia, bisnis pengumpulan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka. Akhirnya SMS alat promosi yang sah di bagian lain dunia.
Saluran baru untuk pemasaran pemasaran mobile mulai muncul, diantaranya :
* Multimedia Message Service
* Game Mobile Marketing
* Mobile Web Marketing
* Pemasaran via Bluetooth dan Infrared
* Mobile Marketing melalui kode Quick Response.
KARAKTERISTIK PERANGKAT MOBILE VS SISTEM DESKTOP
* Ukuran yang kecil
* Memory yang terbatas
* Daya proses yang terbatas tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop
* Mengkonsumsi daya yang rendah
* Kuat dan dapat diandalkan
* Konektivitas yang terbatas
* Masa hidup yang pendek.
MEMBUAT WEBSITE MENGGUNAKAN TEMPLATE PADA PERNGKAT MOBILE
Mobile web adalah aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser yang bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti hanphone, PDA dan perangkat portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi seluler.
Yang perlu diingat bahwa mobile website haruslah dirancang user friendly dan memberikan "kepuasan instan" diantaranya :
a) Cepat diakses
b) Sederhanakan navigasi
c) Buat wesite mobile Anda "thumb friendly"
d) Buat website mobile Anda mudah dibaca
e) Website mobile Anda harus kompatible
f) Buat "local friendly"
g) Buat website Anda mudah untuk mengkonversi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar